21 March 2007

Ubuntu Experience

Harus gw akui, gw bukan seorang penulis :) Artinya bukan orang yg rajin mendokumentasikan sesuatu menjadi tulisan. Akibatnya blog ini jarang diupdate.
Padahal banyak pengalaman baru setelah make ubuntu ini. Kebanyakan baca-baca blog, tutorial, jadi member forum. Banyak download, tapi ga pernah dibaca lagi, trus aja browsing lagi, download lagi. Hehehe...

1. Nautilus
Baru kemaren banget nemuin hal baru buat nautilus. Jadi ternyata di nautilus, bisa diextent kemampuannya dengan script. Download aja script di Nautilus File Manager Scripts. Di sana komplit script untuk macam-macam keperluan. Gw nemunya ga sengaja. Karena punya banyak foto anak gw, yg ukurannya segede gaban, gw mau cari cara untuk meresize ukurannya jadi lebih kecil, nah di situ ternyata ada scriptnya. Resize_image. Jadi dengan nautilus, gw tinggal klik kanan gambarnya, ntar ada menu Scripts, pilih script Resize_images tadi, tinggal pilih, mau diubah jadi berapa pixel, ada 100, 200, 300 dst. Bisa untuk multiple image. Ntar image yg diubah dimasukkan ke folder baru. Belum sempet oprek script yg lain.

2. Liferea
Ini rss reader, gw sangat terbantu. Dengan ini gw ga usah buka tutup website. Semua postingan terbaru pasti ketarik ama reader ini, gw tinggal pilih mau baca yg mana. Sampe ada rss feader cerita XXX lagi. Hehehehe...

3. Kubuntu.
Ini berawal dari rasa penasaran, gimana sih kubuntu. Tanya sini tanya sana di forum ubuntu id, akhirnya nemu cara

sudo aptitude install kubuntu-desktop
Untuk repositori dan punya line internet. Seteleh update 186 paket (kalo ga salah) dan ada yg error (tapi ga merhatiin), input ini itu (ga jelas banget ya?) jadi juga punya kubuntu desktop. Pernah baca komentar kalo ubuntu itu berat, kubuntu lebih berat, xubuntu mak nyuss cepet. Tapi sekilas coba sih biasa aja, malah menu nya lebih deket ke windows jadi lebih familiar. Ini pendapat pribadi lho ya. Sekarang malah lagi coba install xubuntu
sudo apt-get install xubuntu-desktop
Xubuntu nambah 73 paket. Kalo ubuntu itu desktopnya Gnome, kubuntu pake KDE, xubuntu pake XFCE.

3. Fstab
Juga akhirnya bisa mount hdd partisi fat32 otomatis. Ternyata kemaren itu di /etc/fstab gw ada yg salah di optionnya, gw pake default aja. Ternyata error. ketauan pas gw coba jalanin
sudo mount -a
ada errornya, akhirnya fstab gw diedit jadi
/dev/hdc5 /mnt/win2 vfat umask=000,utf8=true 0 0
nah.. di option umask=000,utf8=true itu yg bikin masalah, kemaren gw cuman pake default. Baru setelah itu jalanin sudo mount -a lagi.Umask berhubungan dengan permission buat folder itu, kalo utf8 itu berhubungan dengan unicode gitu.

4. Command line
Masih bingung dengan perbedaan perintah misalnya aptitude dan apt-get seperti yg diatas, jadi sekarang ini cuman jalanin dulu, ntar lambat laun (mudah-mudahan) tambah ngerti hehehe.. Kalo Sudo vs Gksudo perbedaannya kalo kita mau run aplikasi yg ada GUInya disarankan pake gksudo, walaupun ternyata pake sudo juga bisa. Bingung? Sama, ikutin aja dulu deh. Mudahan waktu kan mengajarkan pada kita. Hahaha...

5. Compile Kernel.
Pengen bisa compile kernel yg disesuaikan dengan hardware. Jadi kernel ga loading modul/driver untuk hardware yg ga ada. Masuk akal kalo windows jadi berat. Memang dengan windows semua penambahan hardware tinggal plug n play, tapi di balik itu ternyata windows membawa semua yg dibutuhkan, so kalo resource kompi kita pas-pasan, ya lambreta-haha jadinya.

6. SMS Gateway
Pengen cobain SMS gateway. Pake hp Nokia 3315, ntar gajian beli kabel serialnya. Baru cobain, sekilas baca perlu install web server, aplikasinya pake GAMMU.

7. Ubuntu server
Kalo ini pengen bisa nginstall komplit dengan mail server, dhcp server, dns, samba server, dll dll. Kebetulan punya ebook ubuntu_hacker.chm. Di sana ada bab buat instalasi server komplit dengan aplikasi-aplikasi servernya.

-Blass-

No comments: