28 March 2007

Perbedaan Agama

Gw bukan orang yg ahli agama. Mengaku atau merasa sudah menjalankan ajaran agama dengan benar pun gw ga berani. Kalo mengaku belum bisa menjalankan dengan benar, gw pasti ikut tunjuk jari. Bukan berarti udah salah, masih nyombong. Bukan. Tapi setidaknya tidak nambah dosa dengan cuman mengaku-aku benar. Hallah.. jadi pembenaran diri sendiri nih. Tulisan ini bukan berarti gw yg paling benar. Cuman pandangan pribadi gw.

Salah satu blog yg gw suka baca adalah blognya Wadehel. Itu orang punya pemikiran yg rada nyeleneh. Kalo gw bilang dia itu sebenernya udah melakukan dakwah. Tapi ya itu tadi, dengan cara yg rada aneh (dalam artian tidak lazim dan diluar kurikulum pesantren). Salah satu artikel yg gw baca adalah Pokoknya™ Kami Yang Paling Benar. Disitu asli nyeleneh, nyepet ke oknum-oknum (biasa, kalo ada yg berbuat salah, itu adalah oknum) yg doyan kekerasan dengan dalih atas nama agama. Nah, yg rame adalah komentar-komentar yg masuk. Diantaranya ada ressay dan Abu Aqil Al-Atsy yg berdebat dengan teori-teori teologi tingkat tinggi, yg jujur gw kagak ngarti dah!

Sebenarnya perbedaan itu biasa aja. Wajar. Mau pake dalil apapun bisa aja, sama seperti tagline di blog wadehel : semua hal di semesta ini bisa benar tergantung dari sudut mana si pengamat melihat. Masalah baru berasa kalo perbedaan itu dilampiaskan secara fisik. Seperti golongan you-know-who.

Bagi orang non-muslim dan juga pasti sebagian (besar atau kecil) muslim kayaknya ga pantas melakukan hal-hal destruktif dengan dalih mereka yg paling benar. Kebenaran itu punya Tuhan.

Siapa lu yg meng-klaim kalo lu adalah wakil Tuhan untuk mengadili manusia lain menurut tafsiran lu sendiri? Emang manusia lain itu ciptaan siapa? Kalo lu melakukan kekerasan dengan dalih membela Tuhan lu, berarti lu ga mengakui Tuhan lu itu Maha Segalanya. Lha wong masih perlu dibela ama ciptaannya sendiri koq.

Hidup ini masalah pilihan. Dan pilihan-pilihan itu juga pasti dengan seijin dari Tuhan. Masalah orang memilih sesuatu ya biarlah. Toh nanti dia akan dapat konsekuensinya. Kita cuman bisa mengingatkan. Kalo ga mau ya sudah. Kita udah melakukan kewajiban kita. Masalah hukuman dll itu bukan bagian kita. Jangan suka mengambil hak Tuhan.

Kayaknya dunia butuh banyak orang seperti Aa Gym (ustadz juga manusia), ustadz Dhanu (mata hati di ochanel kalo ga salah), dll. Mereka berdakwah dengan damai. Karena Islam itu damai. Apakah mereka orang 'lemah'? Apakah iman mereka 'tipis'? Apakah dengan jalan mereka, mereka jadi kurang 'Islam'? Kalo kata gw, yg bikin rusak nama Islam ya lu lu itu.

Satu lagi, kebetulan Islam itu mayoritas di Indonesia. Sama seperti Kristen di Amerika atau Eropa. Karena jumlahnya yg mayoritas, mungkin saja terjadi 'penindasan-penindasan' terhadap yg minoritas. Bukan berarti agamanya yg mengajarkan penindasan tersebut. Tapi, orangnya itu yg menafsirkan begitu. Jadi kalo muslim Indonesia merasa solider terhadap sodara-sodara muslim yg tertindas di Amerika, mbok ya jangan dilampiaskan ke minoritas di Indonesia dong. Bantulah minoritas muslim di Amerika sana. Tidak dengan mengebom sana-sini. Toh yg kena orang-orang kita juga. Mengaku wakil Tuhan koq ya tolol pikirannya.

-Blass It-




No comments: