20 April 2007

Thunderbird ext Webmail untuk Tarik Mail di yahoo.co.id

Punya account email di yahoo.co.id (atau juga email lain yg mendukung pop dan smtp dari email client lain)? Bosen harus tutup buka webbase? Berikut caranya. Dicoba dengan Thunderbird di ubuntu. Berjalan juga di Thunderbird under windows.

Selain mendukung yahoo, webmail extension ini juga bisa untuk gmail, lycos, hotmail, mail.com, libero, AOL. Tentunya harus menginstall extension masing-masing sesuai dengan emailnya.

download ini Webmail dan Webmail-Yahoo.
Simpan di tempat yg aman :)

Di Thunderbird, menu Tools > Extensions klik install. Browse ke file-file .xpi yg tadi didonlot. Dahulukan yg webmail, baru yg yahoo. Setelah itu restart thunderbird (TB). Restart ini akan sering kita lakukan.

Cek di Tools > Extensions, Webmail, klik preference. Pada tab servers > status, harusnya lampu POP dan SMTP berwarna hijau.
Untuk ubuntu, di tab ports, isikan port lebih besar dari 1024 untuk POP dan SMTP. Saya pake 1025 untuk POP dan 1026 untuk SMTP. Restart TB. Cek lagi apakah lampu sudah ijo belum.

Buka Tools > Extensions, Webmail - Yahoo, klik preference. Pada tab domains klik tombol add, tambahkan domain yahoo.co.id.
Close, restart TB.

Pada menu Edit > Account Settings. Tombol Add Account, ikuti wizardnya. Hanya untuk incoming server isikan localhost, un-cek Use Global Inbox. Semua user harus diisi komplit dengan domain. Contoh blabla@yahoo.co.id, ga boleh hanya blabla saja.
Finish. Oya, edit port POP dengan 1025 sesuai yg kita setting sebelumnya.

Tambah juga account untuk Outgoing Servernya (SMTP). User komplit dengan domain, port 1026 (sesuai dengan port yg kita setting sebelumnya).

Jika ada error : mail server localhost responded: negative vibes from blabla@yahoo.co.id
Coba update extensions webmail-yahoo nya.

Juga set agar connection timeoutnya jadi 120 dari defaultnya yg hanya 60. Ada di menu Edit>Preference. Tab Advanced, General.

Kalo ada masalah coba setting juga proxy untuk SSL. Menu Edit > Preference tab General di Connection Setting. Kayaknya ada hubungan dengan server pop yahoo yg pake SSL.

Catatan: Thunderbird yg dipakai versi 1.5.0.10. Untuk versi lain intinya kemungkinan sama, hanya letak menu-menunya yg agak berbeda.

-Blass-

1 comment:

Anonymous said...

thxx bgt for d info, very useful to me.. thanks again