11 April 2007

Akses Baca Tulis NTFS di Ubuntu Dapper

Oke, ini emang basbang. Tapi gw cuman mau share aja, atau minimal catatan gw kalo di waktu lain gw butuh buat ngelakuin lagi. Gw punya harddisk 80Gb (punya kantor ding), dulu waktu masih pake xp gw partisi jadi 30Gb (ntfs), 2x25Gb (fat32). Setelah pake ubuntu, yg fat32 sukses di mount otomatis. Jadi no problem. Yg ntfs rada ribet. Dari dulu udah dapet info soal ntfs-3g yg bisa dipake untuk akses baca tulis ntfs, cuman gagal maning gagal maning. Kalo udah gagal gitu, jadi males deh. Akhirnya hari bisa juga. Begini pengalaman gw.

Ternyata ntfs-3g ini juga bergantung pada modul fuse. Jadi musti install fuse juga. Gw coba download modul fuse dari sini juga modul ntfs-3g dari sono

Berhasil, gw ekstrak pake perintah
tar xzf namafile.tar.gz
setelah terekstrak di folder fuse-2.6.3 gw masuk ke folder itu trus jalanin
./configure
eh.. error!
...
checking for C compiler default output file name...
configure: error: C compiler cannot create executables
See `config.log' for more details.

mak! mana ngarti C gw? browsing sana sini, ada yg bilang gw musti install library c-lah, compile ulang kernel-lah, tambah mumet gw.
akhirnya gw pake synaptic, gw uninstall semua yg fuse, cuman ada 2 yg sudah terinstall sebelumnya fuse-utils dan fuse-source
baru gw coba ulang lagi ./configure. Hasil : nol besar. Sami mawon.

Hampir frustasi, gw ketemu ama tulisan baca-tulis-ntfs-di-ubuntu. Dengan sedikit campur-campur ama tutorial di sini berhasil juga.

Pertama edit file sources.list dengan perintah
gksu gedit /etc/apt/sources.list

tambahin salah satu dari 3 line berikut
#Givre's repository (ntfs-3g & fuse 2.5.3)
deb http://flomertens.keo.in/ubuntu/ dapper main
deb-src http://flomertens.keo.in/ubuntu/ dapper main

#Givre's repository (ntfs-3g & fuse 2.5.3)
deb http://givre.cabspace.com/ubuntu/ dapper main
deb-src http://givre.cabspace.com/ubuntu/ dapper main

#Givre's repository (ntfs-3g & fuse 2.5.3)
deb http://ntfs-3g.sitesweetsite.info/ubuntu/ dapper main
deb-src http://ntfs-3g.sitesweetsite.info/ubuntu/ dapper main

cukup salah satu aja, itu ada 3 untuk alternatif. Kalo pake edgy, cukup ganti dapper jadi edgy.

setelah itu jalankan salah satu dari perintah berikut
wget http://flomertens.keo.in/ubuntu/givre_key.asc -O- | sudo apt-key add -
atau
wget http://givre.cabspace.com/ubuntu/givre_key.asc -O- | sudo apt-key add -

sesuaikan dengan pilihan repository yg di file sources.list. Kalo pake yg ntfs-3g.sitesweetsite ya ga usah jalanin tadi.

Setelah itu jalankan
sudo apt-get update
sudo apt-get install ntfs-3g

edit file fstab yg ada di /etc/fstab. Tambahin baris berikut
/dev/partition /media/mount_point ntfs-3g silent,umask=0,locale=en_US.utf8 0 0

kalo gw jadi
/dev/hdc1 /mnt/win1 ntfs-3g silent,umask=0,locale=en_US.utf8 0 0

gimana ngecek partitionnya? Pake perintah ini
sudo fdisk -l
liat aja yg systemnya HPFS/NTFS

trus tambah baris berikut di /etc/modules, biar modul fuse dijalankan setiap awal boot
fuse

udah itu jalankan perintah berikut
sudo modprobe fuse
sudo umount -a
sudo mount -a

kalo ga mau ketik perintah di atas ya restart aja kompinya.

Wokeh...

-Blass-

nb. setelah baca-baca sepertinya andri juga ambil source dari sini deh.

3 comments:

Fanio Zilla said...

Saya memakai ubuntu 7.10 dan cukup dengan klik menu [Aplikasi] [Add/Remove Program] trus [Tunjukkan semua aplikasi yg tersedia].
Dari kotak search saya ketik 'NTFS' hasilnya adalah Program manajemen partisi NTFS, yg tentu saja bisa kita atur dgn GUI. Thanx to Community.

Blass said...

ya, saya sendiri malah belum nyobain gutsy. Tentunya lebih enak dan gampang, kalo ga salah di feisty aja udah bisa koq. Tulisan ini dibuat waktu masih sering ngoprek dapper :)

Anonymous said...

menarik juga, nih. copy dulu ah. soalnya udah beberapa kali nyoba buat di kantor, gagal terus. makasih, ya, walaupun belum dicoba.

= zoelkarim =