20 October 2006

Hidup Mirip Naik Motor (di jalanan macet)

hidup mirip naik motor di jalanan jakarta yg macet. untuk mencapai suatu tempat. di perjalanan pengendara motor harus pinter-pinter nyalip. salip kanan salip kiri, terkadang trotoar pun dibabat. begitu juga hidup. pasti ada rintangan. entah rintangan sebesar kontainer, sebau truk sampah, semenggoda mercy, seberisik bajaj, sekurang ajar metromini, sesama motor. kita musti pinter-pinter milih, mo pilih salip mana, kanan kiri. kadang jarak pandang ke depan memungkinkan kita membuat prediksi, kadang juga udah kita milih ehh ternyata mentok. jadi kita berhenti dulu. begitu juga hidup. kadang kita musti slow down, berhenti dulu, trus makan asap kendaraan lain. baru terus. selama berhenti kita ga harus diem aja, bisa kita klaksonin biar kita dikasih jalan.

di lampu merah memang kita musti berhenti. demikian juga hidup, ada waktunya berhenti sejenak bukan karena pengguna jalan lain. bisa sih kita milih nyerobot, atau ambil ancang-ancang duluan sampe makan jalan orang lain padahal bukan giliran kita yg jalan. emang bisa, kenapa tidak? tapi yg gitu ga etis, beresiko tinggi. begitu juga hidup. bisa aja kita nyolong start duluan, tapi etis ga etisnya tanyain pada club eighties.

di belokan kanan kiri kita harus kasih sein, biar ga ditabrak orang dari belakang. begitu juga hidup. untuk yg bawa orang di boncengan, juga musti sepakat dengan orang tersebut. walau kadang di saat genting, pengendara yg bertanggung jawab bikin keputusan. begitu juga hidup berpasangan. kadang musti diskusi dulu ama pasangan, tapi tetep yg bawa motor yg ambil jalannya. mo berantem di jalan? mo turun dari motor terus misah ambil jalan lain? bisa.

kadang ada juga rintangan dari dalam. motor mogok, bensin abis, ban kempes. begitu juga hidup. badan sakit, ga punya duit, perut laper. kita musti berhenti dulu, benerin, baru bisa jalan. kadang kita melihat kecelakaan, atau mungkin kita yang ngalamin kecelakaan itu sendiri. entah parah sampe bonyok (atau mati?), atau cuman lecet doang. begitu juga hidup.

motor juga ngeluarin asap knalpot. bisa sangat mengganggu pengendara lain. bikin perih mata, sesak napas. begitu juga hidup kita. kadang kita ga sadar bahwa kita udah ngelakuin hal-hal yg bikin orang di sekitar resah dan gelisah. bisa juga kita sadar tapi cuek. itu pilihan. kalo orang lain sabar, ya ga papa. tapi bisa juga ada yg protes malah nonjok.

di jalan ada polisi. baik polisi tidur (ini asli), polisi yg merem (yg pura-pura ga ngeliat motor naik trotoar), polisi kacrut (yg suka cari kesalahan buat nilang), polisi baik (ini koq ya rada susah nyarinya). begitu juga hidup. ada orang, lembaga, hukum yg ngatur kita supaya hidup sesuai jalur yg bener. tapi ya itu sama aja kayak jenis-jenis polisi, selalu ada oknum-oknum yg rese.

di jalan selain yg naik motor, ada juga mobil, sepeda, bajaj. ada yg hidupnya lebih nyaman, pake ac, disopirin, tapi hidupnya juga kadang lebih lama kejebak macet. ada yg kurang beruntung, musti keringetan ngayuh biar bisa sampe tujuan hidupnya.

kadang kita ngelewatin jalan yg panas,banyak lobang, berdebu, berpasir (bahaya kalo ngebut trus rem mendadak). gitu juga hidup, ada saatnya hidup susah, terasa kering pokoknya nyiksa aja. tapi bisa juga jalan yang penuh dengan pohon yg rimbun, angin yg sepoi-sepoi, aspal mulus. bikin kita sejenak nyaman menjalani hidup ini.
semua itu kita yang milih. kalo kita tau rutenya, kita bisa milih sebanyak mungkin melewati jalan seperti itu.

naik motor untuk mencapai tujuan. ga harus naik motor sih, jalan kaki, numpang orang juga bisa. dengan kita tau pasti tujuannya, kita bisa nentuin rutenya. minimal kita bisa nanya ke orang. yang parah adalah kalo tujuan kita pun ga ada. jadi cuman keliling-keliling aja ngabisin bensin, ngabisin waktu. begitu juga hidup. pilih mana?

-blast it-
201006