06 July 2007

Printer Pixma iP1000 di Ubuntu

Di ruangan ada printer Pixma 1000 dan Canon BJC 2100. Selama ini kalo mo nge-print, maka printer yg BJC 2100 dipindah colokannya ke komp saya langsung. Ga bisa network printing. Kalo yg Pixma malah sama sekali ga bisa dipake.

Kemaren ga sengaja nemu blog Chox. Blog anak Binus (kalo ga salah). Di sana ada tulisan soal setting printer iP1700. Nah, caranya bisa juga dipake untuk iP1000. Kalo beliau pake bahasa inggris, saya pake bahasa indonesia aja nulis pengalaman saya. Buat catatan saya di kemudian hari.

Caranya :
1. $ sudo gedit /etc/apt/sources.list
Tambahin ini di sources.list
deb http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/ubuntu ./
deb-src http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/ubuntu ./
Save, keluar

2. $sudo apt-get update

3. $sudo apt-get install libcnbj-2.6 bjfilter-2.6 pstocanonbj

4. Bisa pake browser, ketik addressnya URL: http://localhost:631
Pengalaman saya, emang printer kita langsung kedetek (jangan lupa nyalain printernya), tapi pas mo add, ditanya user dan password CUPS. Dicoba pake user dan password yg biasa dipake sudo tetep ga bisa. Katanya konfigurasi lewat web emang ditutup secara default, musti edit file tertentu. Karena lagi males edit-edit, gw langsung add printer di System > Administration > Printing

5. New Printer. Pilih local kalo emang local, tapi berhubung printer saya ada di komputer lain, saya pilih network printer (Windows Printer SMB). Host isi dengan nama komputer, mis jk2_boa. Nama printer isi nama sharing printernya mis: canon. User ya isi aja user lokal kita, password isi dengan password sharing printernya. Oya, kemungkinan muncul dialog box yg nanya user dan password ke stiap komputer yg ada di jaringan kita, cancel wae. Next

6. Pilih manufactur dan tipe printer kita. Next, kasih nama. Selesai. Test print.

Cipp!

-Blass-

1 comment:

chox said...

cuma sekedar menyapa :-)
salam kenal.. :D

--
Chox Blog: http://choxblog.wordpress.com